Cara Membuat Slip Gaji Otomatis di Excel

Pekerjaaan membuat slip gaji di ms excel setiap bulannya bisa cukup melelahkan dan membosankan. Apalagi jika jumlah karyawan cukup banyak. Nah microsoft excel sebenarnya bisa lebih di maksimalkan lagi penggunaannya. Agar tidak terjadi kesalahan perhitungan dan human error. Kali ini saya akan menyajikan cara membuat slip gaji otomatis untuk menghitung dan membuatkan slip gaji karyawan.

Silahkan dibuka excelnya dan buat daftar gaji karyawan. Kita akan buat 2 buah sheet, yang pertama sheet gaji dan yang kedua sheet slip. Buat worksheet gaji. Caranya dengan merename atau mengganti nama sheet1. Ada 2 cara, pertama dengan mendouble klik sheet1 dan ganti namanya menjadi gaji. Atau klik kanan dan pilih rename di sheet tersebut, lalu ganti nama sheetnya.

Contohnya seperti ini, ada 14 kolom yang terdiri dari No,Nama,Bagian,Jabatan,Gaji Pokok,Tunjangan Jabatan,Tunjangan Transport,Tunjangan Makan,Gaji Kotor,Pinjaman kantor,BPJS,Pinjaman Lain,Total Potongan, dan Gaji Bersih.

Disini hanya ada 3 kolom yang menggunakan rumus sederhana penjumlahan dan pengurangan, yaitu kolom Gaji Kotor,Total Potongan, dan Gaji Bersih. Di kolom I7 diberikan rumus penjumlahan dari E7 sampai H7, yaitu =SUM(E7:H7). Kemudian kopikan rumus ini kebawah. Kemudian di kolom M7 (total potongan) di berikan rumus penjumlahan dari J7 sampai dengan L7, yaitu =SUM(J7:L7). Kemudian kopikan ke bawah juga. Gaji bersih adalah pengurangan antara keduanya.

Rumus lengkapnya seperti di bawah ini.

OK, kita sudah hampir selesai dengan sheet pertama. Langkah terakhir di sheet ini adalah membuat nama tabel. Caranya dengan memblok range A6:N14, lalu ke pojok kiri atas ganti A6 menjadi gaji. Untuk lebih jelasnya, silahkan dilihat di gambar berikut :

Langkah ini diperlukan pada saat kita menggunakan formula vlookup di sheet kedua. Lanjut ke sheet ke 2, ganti namanya menjadi slip. Sebelum lanjut, berikut adalah slip yang akan kita buat:

Seluruh kolom D dan H sudah dibuat rumus yang mengacu kepada sheet pertama. Sehingga setiap bulannya yang perlu diupdate adalah sheet gaji, sheet slip otomatis sudah terisi sesuai dengan data yang ada di sheet gaji. Silahkan dibuat 1 buat slip atas nama ardianyah seperti diatas. Kemudian buat rumus menggunakan vlookup di D6:D19. Berikut rumusnya:

Kemudian untuk slip no 2, disesuaikan sedikit, D6 diganti menjadi H6.

Untuk slip-slip berikutnya tinggal ganti rumus yang mengacu kepada nomor

Untuk lebih jelasnya, saya sudah buatkan videonya sbb

Silahkan di download filenya

Download Slip Gaji Excel Otomatis

Semoga bisa bermanfaat

3 thoughts on “Cara Membuat Slip Gaji Otomatis di Excel”

Leave a Comment