Usaha kecil menengah indonesia punya beberapa permasalahan. Yang sering kali terdengar adalah masalahĀ permodalan, distribusi barang, perizinan, dan juga pembukuan. Nah yang terakhir inilah yang saya tertarik untuk membahasnya. Ada loh program akuntansi untuk UKM yang gratis. Mau? Baca terus ya…

Kita bahas permasalahan catat mencatat ini dari awal ya. Pencatatan pada biasanya kurang menjadi perhatian pengusaha UKM. Setelah bingung kemana saja duit yang sudah keluar, berapa untung usaha, barulah mulai membuat pembukuan. Biasanya masih manual. Maka dimulailah “pembukuan” lewat secarik kertas, atau buku kecil. Yang jika catatan kecil atau buku ini hilang, biasanya si pengusaha akan bilang ” matilah aku….” šŸ™‚

Setelah pernah kehilangan buku saktinya, bisanya tahap selanjutnya adalah mencatat menggunakan komputer, aplikasi yang digunakan biasanya adalah excel. Pembukuan sudah mulai rapih, permasalahan terhadap hilangnya catatan sakti sudah bisa diatasi. Untuk usaha yang biasa-biasa saja, dengan transaksi yang tidak sampai ratusan perbulan, excel bisa menanganinya dengan cukup baik.

Saya sudah puluhan tahun memakai excel semasa masih menjadi karyawan. Excel adalah aplikasi yang sangat baik untuk mencatat seluruh transaksi dan bahkan bisa untuk mengolah dan membuat Laporan keuangan. Formula-formulanya dan juga visual basic for applicationnya bisa dimanfaaatkan untuk membuat laporan keuangan yang otomatis.

Namun seiring perjalanan waktu, jika usaha semakin besar, yang disertai dengan transaksi yang semakin besar, excel akan mencapai batasnya. Pengalaman saya, dengan jumlah transkasi lebih dari 10.000 per bulan, excel sudah mulai lama prosesnya. Apalagi jika aplikasi excel yang dibuat menggunakan banyak formula-formula.

JIka anda melewati tahapan ini, langkah yang harus dilakukan adalah menggunakan program akuntansi ataupun sistem informasi terintegrasi untuk melayani bisnis anda yang semakin besar.

Software ini beberapa dekade yang lalu cukup mahal, dan mungkin tidak akan sanggup dibeli oleh pengusaha UKM kita. Namun bermasalahan ini sepertinya sudah berakhir. Saya melihat sudah banyak software house, ataupun programer pribadi, yang mampu untuk membuat program akuntansi atau bahkan sistem informasi terintegrasi.

Dengan harga yang sangat murah dan bahkan ada yang memberikannya gratis (open source), diantaranya yang bisa saya rekomendasikan adalah
1. Ahad PosĀ 
Program ini adalah program untuk toko, dibuat oleh urang awak yang baik hati, dengan tujuan mulia agar UKM tidak terbebani dengan pembelian software toko. Sudah cukup lengkap dan baik. Berbasis web, sehingga ringan untuk dipergunakan
2. Sistem Informasi Rumah Sakit Khanza
Nah, kalau ini adalah program sistem informasi rumah sakit yang sangat komplit. Mulai dari parkir, pendaftaran pasien sampai pembuatan laporan keuangan, ada semua. Jempol saya kurang untuk menggambarkan betapa hebatnya program ini.
3. Front Accounting
Nah, yang ini bukan dari orang kita. Dibuat oleh orang bule. Namun sudah bisa menggunakan bahasa indonesia, tinggal meanmbahkan modul bahasa. Orang kita juga berkontribusi loh disini, sehingga chart of account nya pun sudah ada yang sesuai dengan kebutuhan UKM kita

Masih belum puas juga? Mau yang berbayar tapi murah? Coba saja cari di marketplace-marketplace kita, banyak program-program canggih dan bisa sangat membantu usaha UKM, bertebaran disana.

Gimana, cukup membantu kan? Kalau mau di ulas lebih dalem lagi, kasih komen dong, biar semangat nulisnya. O ya, kalau ada yang kesulitan dalam menggunakan program akuntansi untuk UKM bisa menggunakan jasa akuntansi saya

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *