Bagaimana Cara Melakukan Riset Pasar?

Ini adalah postingan pertama tentang bagaimana memulai sebuah bisnis. Kita mulai dari awal sekali. Yang paling vital, yaitu melakukan riset pasar.

Yup, anda sudah memiliki ide bisnis, anda telah terinspirasi dengan sesuai yang anda sukai. Tapi tunggu dulu, bisa jadi anda bukan satu-satunya yang berpikir demikian. Cari tahu bagaimana cara melakukan riset pasar untuk memvalidasi dan menyempurnakan ide Anda.

Jenis riset pasar untuk bisnis baru

Sebagai startup, Anda perlu mencari tahu siapa yang akan membeli dari Anda, karenanya harus dilakukan analisa/riset pelanggan. Dan juga siapa pemain lama yang harus Anda kalahkan agar bisa mendapatkan penghasilan yang sesuai dengan target. Ini disebut dengan analisa pesaing/kompetitor.

Mengapa melakukan riset pasar terhadap pelanggan?

Pembeli adalah raja, karenanya prilakunya harus dipahami. Dengannya Anda akan dapat:

  • Membangun produk dan layanan yang lebih baik
  • Mempelajari bagaimana calon pelanggan membuat keputusan untuk membeli
Bagaimana melakukan riset pasar

Mengapa butuh analisa pesaing?

Dengan memahami pesaing Anda, Anda dapat:

  • meniru langkah apa saja yang telah mereka lakukan
  • berusaha mencari cara yang lebih dari pesaing

Bagaimana melakukan riset pasar?

Memahami prilaku konsumen dengan sebaik-baiknya adalah langkah awal untuk menjalin hubungan yang baik dengan konsumen.

  • Buat profil pelanggan.

    Jelaskan orang atau bisnis yang akan membeli dari Anda. Untuk pelanggan retail, pikirkan tentang hal-hal seperti usia, lokasi, dan minat mereka. Untuk pelanggan bisnis, pikirkan hal-hal seperti industri, ukuran, dan lokasi mereka.
    Mulai pusing? Tenang, sebagai ide saja, mulailah dengan memeriksa siapa yang membeli dari kompetitor yang sudah terkenal.
  • Cari di internet

    Cari informasi tentang profil pelanggan yang sudah anda petakan. Mungkin sudah ada informasi atau studi kasus tentang jenis pelanggan retail atau pelanggan bisnis yang dapat Anda gunakan sebagai titik awal.
  • Mulai mengajukan pertanyaan

    Temukan orang-orang dan bisnis yang anda cari tersebut di alam nyata. Kemudian ajukan pertanyaan seperti: apa yang mereka butuhkan dari bisnis yang sedang mereka jalankan? di mana mereka mendapatkan produk atau layanan itu sekarang? apa saja hal hal yang mereka sukai dari solusi saat ini? dan apa harapan mereka agar solusi tersebut bisa lebih baik lagi?

Metode riset pasar

Jadi bagaimana Anda mendapatkan informasi tentang orang-orang dan preferensi mereka? Ada beberapa metode riset pasar yang dapat dilakukan.

  • Melalui internet
    Cari artikel ataupun grup-grup di media sosial yang terkait dengan profil pelanggan anda. Dan ikuti apa yang dikatakan orang-orang itu di media sosial dan grup komunitas.
  • Lakukan percakapan satu lawan satu
    Ajukan pertanyaan terbuka dan biarkan responden yang berbicara.
  • Selenggarakan lokakarya atau kelompok fokus
    Ajukan pertanyaan kepada seluruh kelompok pelanggan sekaligus. Anda akan mendapatkan jawaban yang lebih dalam karena orang-orang akan berdiskusi mengungkapkan pemikirannya.
  • Jalankan survei
    Ajukan pertanyaan yang sama kepada banyak orang untuk menghasilkan wawasan dan statistik yang sangat solid.
  • Mulai komunitas
    Jika pelanggan Anda adalah sangat tertarik dengan model bisnis yang akan anda kembangkan, bawa mereka ke masuk ke dalam startup Anda. Membuat grup di media sosial tidaklah sulit bukan? Bagikan update terbaru, ajukan pertanyaan, dan undang mereka untuk menjadi tester.
  • Berikan sesuatu untuk mendapatkan sesuatu
    Makanan atau souvenir gratis akan membawa orang ke grup fokus Anda. Pengundian hadiah acak akan mendorong orang untuk mengisi survei Anda. Hal ini bisa sangat membantu saat melakukan riset pasar.

Bagaimana melakukan analisis kompetitor?

Pelanggan dapat memberi tahu banyak hal tentang pesaing Anda. Anda bisa menggunakna cara-cara berikut untuk mencari tahu siapa yang Anda lawan.

  • Identifikasi pesaing
    Beberapa pesaing akan terlihat jelas sejak awal. Tetapi Anda akan menemukan lebih banyak dengan bertanya kepada pelanggan dari siapa mereka membeli.
  • Bandingkan satu sama lain
    Bisnis yang bersaing sering kali mengejar bagian pasar yang berbeda. Satu bisnis akan menjadi mengejar pasar premium, sementara yang lain akan mencoba bersaing dalam hal harga. Atau mungkin mereka akan menargetkan kelompok usia atau lokasi yang berbeda. Petakan bagaimana mereka berhubungan satu sama lain.
  • Temukan posisi anda
    Pangsa pasar mana yang akan anda masuki? Ukur kekuatan dan kelemahan Anda terhadap pesaing Anda dan cari tahu di mana Anda dapat mengambil pasar mereka, baik dari sisi wilayah maupun dari sisi usia.

Begitulah cara melakukan riset pasar

Anda tidak perlu anggaran yang besar atau mengelar survey besar-besaran untuk melakukan riset pasar. Ajukan beberapa pertanyaan kunci dari beberapa target pelanggan dan lakukan beberapa analisis pesaing dapat memberi Anda wawasan untuk membangun bisnis yang unggul.

Leave a Comment