Aplikasi Excel Point of Sales (POS) Gratis

Aplikasi Point of Sales atau yang sering di singkat POS adalah sebuah aplikasi yang dibutuhkan oleh banyak usaha, utamanya usaha berbentuk toko yang di jalankan secara offline. Sesuai dengan namanya aplikasi ini di letakkan di titik strategis agar pembeli mudah untuk melakukan pembelian. Pengusaha membutuhkannya agar seluruh penjualan bisa tercatat dengan baik dan meminimalkan human error.

Tujuan lebih lanjut dari aplikasi POS adalah penggunaan datanya. Data yang telah diinput bisa dimanfaatkan untuk semakin meningkatkan penjualan. Apabila di olah dengan baik, maka data ini akan bisa berkata banyak. Misal :

  • Barang apa saja yang paling laku
  • Siapa pelanggan pelanggan utama
  • Hari-hari apa saja dimana penjualan besar dan hari apa penjualannya sedikit

Barang yang kurang laku dan stoknya banyak, dari pada mengganggu cash flow usaha, bisa dibuatkan diskon, utamanya di hari dimana penjualan sepi.

Kali ini e-spt.id akan membagikan sebuah aplikasi POS yang dibuat dengan menggunakan microsoft excel. Pertimbangannya excel di pakai luas oleh dunia usaha, sehingga tidak perlu membeli software lagi untuk menggunakan aplikasi excel ini. Aplikasi ini sendiri dibuat menggunakan Visual Basic for Application milik Excel. VBA merupakan bahasa pemograman sehingga apa yang belum ada di bawaan excel, bisa kita buat melalui VBA.

File aplikasi POS ini terdiri dari 4 sheet, yaitu POS, Produk, template invoice, dan daftar transaksi.

Sheet POS adalah sheet dashboard. Terdiri dari tombol utama untuk memanggil formulir POS. Kemudian ada info tentang pelanggan terbaik dan juga produk terlaris. DAn ada 2 tombol lagi untuk menuju sheet produk dan sheet transaksi.

Sheet Produk berisi daftar produk yang akan di jual. Terdiri dari kolom Kode, Grup, Nama dan Harga/Kg. Data dari sheet inilah yang nantinya akan di ambil untuk ditampilkan di dalam form POS.

Kemudian ada sheet data transaksi. Sheet ini akan menampung seluruh data pembelian yang diinputkan melalui form POS.

Untuk lebih jelasnya, berikut saya buatkan video cara penggunaannya. Jika masih ada yang kurang jelas, silahkan komen di bawah.

Berikut adalah link downloadnya

Leave a Comment